Perbedaan Sinopsis, Blurb, dan Resensi

21:06 Unknown 10 Comments

Perbedaan Sinopsis, Blurb, dan Resensi

Perbedaan Sinopsis, Blurb, dan Resensi.

Pada sesi saya belajar menulis online bersama editor Bentang Pustaka, kesalahan menulis pada saya banyak sekali, tapi dibalik itu saya juga mendapat banyak sekali pelajaran dan ilmu baru. Akur. Kesalahan pertama saya ada pada synopsis.  Terkadang kita tak bisa membedakan mana synopsis, resensi, blurb.

Perbedaan Sinopsis, Blurb, dan Resensi:

Sinopsis adalah ringkasan cerita sebuah novel. Sinopsis itu ibarat pemendekan sebuah novel, tanpa mengesampingkan unsur-unsur intrinsik dalam novel dan tetap memperhatikan keindahan kalimat penulisannya. Sinopsis itu menceritakan cerita secara lengkap. Awal cerita, konflik cerita, peyelesaian konflik. Sinopsis juga menjelaskan secara lengkap siapa tokohnya, karakter tokoh, setting.

Blurb adalah deskripsi promosional yang ada di sampul belakang buku. Isinya tentu saja potongan cerita isi buku, tanpa menceritakan ending cerita. Tren blurb jaman dulu, terlalu banyak mengungkapkan spoiler cerita. Namun sekarang, benar-benar disembunyikan, hanya dibahas sedikit, lalu ditulis dengan sangat cantik untuk menarik konsumen.

Resensi adalah tulisan jurnalistik yang tujuannya mendeskripsikan dan memberi pertimbangan pada pembaca mengenai buku yang baru saja dibaca. Jadi, resensi ini sangat subjektif sekali. Menurut penulis rensensi, buku A bagus. Tapi, bisa jadi menurut pembaca lain buku A jelek. Sederhananya, resensi dapat dianggap sebuah perpaduan antara ringkasan cerita, penilaian, pembahasan, dan kritik terhadap buku.


10 comments:

  1. Artikel yang sangat menarik buat saya sebagai penulis freelance. Sekarang saya bisa lebih tahu perbedaan antara Sinopsis, Blurb, dan Resensi.Terima kasih, Mas.

    ReplyDelete
  2. haaa, dulu saya gak bisa membedakan sinopsis dan resensi... Sekarang baru dpt pencerahan ^_^ Dan baru tahu jg soal blurb... Thankss banget

    ReplyDelete
  3. selama ini taunya, sinopsis doang ... trims ya jadi tau apa itu Blurb :D

    ReplyDelete
  4. hah.. jadi yang dibelakang NOVEL itu namanya blurb ya, Bukan SINOPSIS.. makasih ADMIN INFONYA.

    ReplyDelete
  5. Oh... Ternyata gitu, baru tahu saya :-D

    ReplyDelete
  6. kak tambahin premis juga kak hehe

    ReplyDelete
  7. Alhamdulillah, terima kasih atas penjelasannya.

    ReplyDelete

Terimakasih udah ngeluangin waktunya buat baca ini. Sebelum pergi, baiknya tinggalkan jejak. Jejak untuk dikenang. Dikenang keindahannya. Jadilah tak terlupakan. Silakan coret kalimat di kolom komentar. :)