5 Tips Menulis Cerpen Untuk Media Online

13:00 Unknown 0 Comments


foto by Google



Akhir-akhir ini dunia menulis semakin banyak diminati apalagi oleh para remaja. Menuangkan perasaan ke dalam tulisan memang terkadang meredakan sekaligus melegakan. Kabar baik selain itu, bagi yang sedang senang-senangnya menulis karya fiksi dalam bentuk cerpen, ada banyak media yang siap menampung karya-karya kita tersebut, tentunya dengan timbal balik yang cukup membahagiakan alias ada honor yang lumayan.

Cerpen-cerpen di media online sekarang tak kalah menarik dengan cerpen-cerpen yang ada di koran-koran lokal. Penerimaan naskah cerpen di media online juga memiliki penyeleksian yang ketat, lebih ketat dari singlet mas-mas nge-gym. Dan tak sembarang bisa diterima.

Nah, kali ini temannulis.com ingin berbagi tips menulis cerpen untuk media online. Bagaimana, ya?

1. Tentukan Tema

Pokok cerita yang sedang tren seringkali lebih mendapat perhatian di media online. Jadi, usahakan dalam menulis cerpen adalah mengenai topik permasalahan yang banyak dibicarakan akhir-akhir ini. Tetapi, menentukan tema seperti itu bukanlah keharusan.

2. Tentukan Judul

Judul sangat penting, apalagi untuk media online. Karena, hal pertama yang membuat orang tertarik membaca cerpen kita adalah judul. Dalam menentukan judul, sebaiknya jangan yang memberitahukan atau menunjukkan jelas isi cerita. Seperti misalnya; Hatiku yang terluka lagi. Buatlah judul yang membuat pembaca penasaran. Seperti misalnya; Penghulu Gay. Dari dua judul tersebut mana yang lebih menarik untuk dibaca?

3. Paragraf pertama

Dalam menulis cerpen, paragraf pertama ini juga sangat penting. Ini awal mula pembaca tetap lanjut membaca atau berhenti. Dalam menulis paragraf, sebaiknya cukup 2 sampai 4 baris saja. Karena jika lebih dari itu, dikhawatirkan pembaca bakal merasa bosan. Atau baru melihat paragraf yang terlalu panjang saja sudah merasa malas.

4. Mengenai Panjang Cerpen

Nah, kalau bagian ini tergantung media online mana yang ingin kamu bidik. Biasanya tiap media online yang menerima cerpen memiliki syarat dan ketentuan masing-masing. Nah, tinggal dari kitalah yang mesti mengikuti syarat tersebut.

5. Kirim

Jika cerpen sudah dirasa cukup, tak perlu ragu-ragu lagi; kirim! Soal diterima atau tidaknya, tak perlu dipusingkan.

Oh, ya. Ada banyak media online yang menerima naskah cerpen, seperti kompasiana, cerpenmu dan lain-lain. Tapi, salah satu media yang kami tahu memiliki honor sebagai bentuk apresiasi jika cerpen kita dimuat di web-nya adalah basabasi(dot)com. Mengenai perihal syarat dan ketentuan mengirimnya, silakan cek web tersebut.

Kami kira itu saja yang bisa kami bagi mengenai tips menulis cerpen untuk media online. Jika ada tambahan, silakan tulis di kolom komentar. Terima kasih.

Penulis; kru temannulis.com

0 komentar:

Terimakasih udah ngeluangin waktunya buat baca ini. Sebelum pergi, baiknya tinggalkan jejak. Jejak untuk dikenang. Dikenang keindahannya. Jadilah tak terlupakan. Silakan coret kalimat di kolom komentar. :)