Cara Membuat Sinopsis Novel ala Editor Bentang Pustaka

21:30 Unknown 5 Comments

Belajar Menulis: Cara Membuat Sinopsis Novel

Cara Membuat Sinopsis Novel


Hai, teman menulis. Sudah menulis apa hari ini? Usahakan untuk selalu menulis setiap harinya, ya.

Suatu ketika saya pernah mengikuti pelatihan menulis novel online di sosial media, dan kebetulan mentornya adalah editor bentang pustaka. Asik, ya. Jadi, untuk mengingat kembali, biar saja juga gak melupakan.

Beliau bilang, setiap harinya banyak orang yang mengirim naskah novelnya ke penerbit, jadi hal pertama yang dibaca pihak penerbit adalah sinopsys.

Apa itu synopsis?

Adalah ringkasan cerita sebuah novel. Seperti pemendekan sebuah novel, tanpa mengesampingkan unsur-unsur intrinsik dalam novel dan tetap memperhatikan keindahan kalimat penulisannya. Simplenya, menceritakan naskah novel dari a sampe z secara ringkas.

Sinopsis yang baik itu menceritakan cerita secara lengkap. Awal cerita, konflik cerita, peyelesaian konflik. Sinopsis juga menjelaskan secara lengkap siapa tokohnya, karakter tokoh, setting. Berikut cara membuat sinopsis novel:

1. Tuliskan premis ceritanya. Misal: ketidakpercayaan pada pasangan hanya berujung pada cinta yang terluka. Premis itu garis besar atau benang merah inti cerita.

2. Apa sudut pandang penokohannya? Orang pertama, kedua, ketiga.

3. Bagaimana karakter & deskripsi tokohnya?

Misal:

Si Indah: cantik, profesi teller bank, lembut.
Si Satria: muka baby face, agak kasar, profesi petinju. => Yang dideskripsikan adalah karakter tokoh utama & karakter tokoh pendukung tokoh utamanya.

Deskripsi tokoh, apa maksudnya?

Contoh: Indah yang berbaju dress merah dan membawa tas tangan itu berjalan dengan sok anggunnya di depan mejaku. Ini contoh maksud dari deskripsi tokoh.

4. Di mana settingnya? Kota, desa? Lokasi di Indonesia atau luar negeri?

5. Bagaimana alurnya? Maju, mundur? Atau maju-mundur?

6. Siapa segmen pembaca novel ini? Dewasa, dewasa muda, remaja?

Untuk novel, sinopsis biasanya panjang sekitar 1-3 halaman.

Kalau mau simpel, ketika penerbit bertanya, "Tolong jelaskan inti novel dalam 1 kalimat." Maka, Anda bisa menyebutkannya.

Mengingatkan kembali, bahwa penerbit itu dapat kiriman beratus-ratus naskah dari banyak penulis. Tidak mungkin mereka membaca satu persatu naskah sampai habis. Kelamaan. Jadi, sinopsis jelas sangat dibutuhkan. Jika dari synopsis saja sudah buruk, bagaimana selanjutnya.

Begitulah cara membuat sinopsis novel, semoga terbantu, ya.

5 comments:

Terimakasih udah ngeluangin waktunya buat baca ini. Sebelum pergi, baiknya tinggalkan jejak. Jejak untuk dikenang. Dikenang keindahannya. Jadilah tak terlupakan. Silakan coret kalimat di kolom komentar. :)