Cara Menulis Cerpen dari Penulis Terkenal, Ernest Hemingway

08:23 Unknown 6 Comments

.Belajar Menulis: Tips Menulis Cerpen dari Penulis Terkenal, Ernest Hemingway

Cara Menulis Cerpen dari Penulis Terkenal, Ernest Hemingway.

Ernest Miller Hemingway adalah penulis terkenal di dunia. Ia adalah penulis novel, cerita pendek dan jurnalis Amerika. Gaya menulisnya adalah minimalis, singkat, padat bermakna. Tak heran ia adalah penulis terkenal yang mempengaruhi dunia fiksi. Ia lahir 21 Juli 1899 dan meninggal pada 2 juli 1961.

Belajar menulis dari penulis hebat dan terkenal tentu saja sangat berguna bagi penulis pemula seperti kita. Berikut cara menulis cerpen dari penulis terkenal, Ernest Hemingway:

1. Cerita dengan tema sederhana

Dengan teman sederhana, mbah Hemingway bisa dengan mudah fokus untuk membuat karakter tokoh pada cerita. Tema sederhana membuatnya bisa menulis cerita yang mudah dipahami pembaca. Karena dalam menulis cerita, jangan membuat pembaca bingung dengan cerita yang kita tulis. Karena menulis adalah cara berkomunikasi antara penulis dan pembaca. Jika komunikasi yang baik, pembaca bisa mengerti apa yang disampaikan penulis dalam bercerita. Karena manusia mudah mengerti hal-hal yang sederhana. Jadi pilih saja tema yang sederhana. Gitu.

2. Gunakan kalimat atau paragraf  yang singkat atau pendek.

Penggunaan kalimat dan paragraf yang pendek berguna agar tulisan kita tidak bertele-tele atau mendayu-dayu. Karena bisanya kalimat yang panjang seringkali melelahkan pembaca.

3. Gunakan kalimat positif

Kalimat positif di sini maksudnya adalah kalimat yang tepat untuk menulis. Misal:

“Jadi, maksud kamu aku tidak pintar?!” Bukan begini, seharusnya,
“Jadi, maksud kamu aku bodoh?!

Penggunaan kalimat positif sebenarnya hampir sama, untuk menulis singkat dan tidak bertele-tele. Jangan membuat mubazir kata.

Jadi gitu cara menulis mbah Ernest Hemingway. Semoga bisa membantu penulis pemula menjadi penulis hebat, ya. Aamiin. Thanks udah mampir dan baca, semoga bermanfaat!!

6 comments:

Terimakasih udah ngeluangin waktunya buat baca ini. Sebelum pergi, baiknya tinggalkan jejak. Jejak untuk dikenang. Dikenang keindahannya. Jadilah tak terlupakan. Silakan coret kalimat di kolom komentar. :)