Manfaat Menulis Yang Terabaikan

08:44 Unknown 3 Comments

Manfaat Menulis Yang Terabaikan


Manfaat menulis yang terabaikan.

Beberapa orang sering menanyakan, “Kenapa, sih, kamu mau cape-cape nulis? Lagian jadi penulis gak akan membuat kamu kaya.”

Saya cuma senyum-senyum aja, kalo diladenin bakal panjang atau malah jadi debat nantinya. Debat, kan, sia-sia. Yang menang dalam debat bakal gak disuka sama yang kalah, gitu juga sebaliknya. Jadi cara satu-satunya menang dalam debat adalah menghindarkannya. Setuju? Enggak? Sama. Lah.

Jadi dari pada saya banyak ngomong ke dia, mending saya nulis aja, apa manfaat menulis itu. Sign in:

1. Cara menjaga ilmu dan hasil pemikiran.

Hal yang wajar bagi manusia untuk tidak bisa terus mengingat. Otak untuk mengingat terbatas. Lupa itu hal yang bakal sering kita temui. Sebentar, ngelupain mantan kok gak bisa?
Bukan gak bisa tapi gak mau. Hehe. Jadi salah satu cara untuk mengabadikan hal ini adalah menuliskannya.

2. Menulis itu menyehatkan

“Menulislah dan kau akan sehat,”

Itu kata Prof. John Sarno, guru besar ilmu kedokteran di New York University. Dia adalah pakarnya tulang belakang. Beliau menyarankan kepada pasien kronisnya untuk selalu menulis catatan harian. Secara tidak mereka bisa mengenali dan memahami apa yang membuat mereka cemas, marah, sedih atau apapun. Dan keberadaan penyakit itu secara tidak sadar akan menghilangkan.

Gitu. Menurut saya ini juga bisa jadi cara menghilangkan kegalauan kita. Tulis saja apa permasalahan yang terjadi dan itu akan lenyap. Mudah-mudahan.

3. Menulis membuat kita terus hidup dan terkenang

Ini sudah terbukti. Melalui hasil karya atau pemikiran yang ditulis, mereka seakan terus hidup. Hasil karya mereka berguna sampai sekarang. Seperti kitab yang ditulis sahabat Rasul, atau buku-buku lainnya. Buku puisi Chairil Anwar, misalnya.

Jika ada manfaat lain dari menulis yang kamu dapatkan, bisa tulis di kolom komentar. Thanks udah mampir dan baca, kamu keren!!

3 comments:

Terimakasih udah ngeluangin waktunya buat baca ini. Sebelum pergi, baiknya tinggalkan jejak. Jejak untuk dikenang. Dikenang keindahannya. Jadilah tak terlupakan. Silakan coret kalimat di kolom komentar. :)