Ide Kreatif Ketika Mentok Menulis

11:47 Unknown 0 Comments


Ide Kreatif Ketika Mentok Menulis

Ide Kreatif Ketika Mentok Menulis

Pernah bingung mau nulis apa? Pernah gak tahu gimana cara nyelesain setengah tulisan yang udah mau jadi? Pernah bengong aja, di depan buku, laptop? Pernah pusing mikirin ide apa buat nulis?

Pernah.

Saya juga. Hehe.

Ternyata setelah pertanyaan, bagaimana menjadi seorang penulis? Yang jawabannya, ya, menulis. Lagi-lagi kita bingung, gimana cara nulisnya kalo kita gak tahu mau nulis apa, ya.

Saya menemukan tips yang bisa menyelesaikan atau menjawab pertanyaan di atas. Tips ini saya temukan ketika membaca buku Creative Writing by A.S Laksana dan mempan bagi saya. Apa itu?

Strategi 3 kata.

Jadi, pikirkan aja tiga kata yang terlintas di kepala kita. Misal tiga kata itu, cinta, tulisan, laptop. Awali paragraf pertama dari salah satu dari tiga angka itu, dan biarkan mengalir. Ini hasil tulisan cepat saya. Pertama kali.


                                                                 Cinta kata Mardi

“Cinta itu sederhana, sesederhana mengirim sms, ya tinggal tekan sent. Sesederhana itu.” jelas Mardi dalam menerjemahkan cinta

Tangannya menekan tuts keyboard laptop. Itu adalah tulisan pembukanya, sekaligus tulisan baru tentang arti sebuah cinta. Baru kali ini ia berani bicara tentang cinta, setelah sekian lama cinta membuatnya tak bisa berbicara. Cinta telah menjait mulutnya , cinta telah membuatnya lupa bagaimana bicara…dan seterusnya.

Jadi, kalo mentok nulis lagi, tentuin 3 kata lagi, dan menulislah dengan mengalir. Mari kita coba…

0 komentar:

Terimakasih udah ngeluangin waktunya buat baca ini. Sebelum pergi, baiknya tinggalkan jejak. Jejak untuk dikenang. Dikenang keindahannya. Jadilah tak terlupakan. Silakan coret kalimat di kolom komentar. :)