Mau Kerja Di manapun dan Kapanpun? Jasa Penulis Artikel atau Content Writer Bisa Jadi Pilihannya

10:05 Unknown 11 Comments


Foto by Unsplash.com

Kalau tidak salah sabtu pagi, saya membuka fb dan mendapati ada satu pesan dari teman lama yang berada di Jogja. Inti pesan itu adalah menawarkan pekerjaan dan membutuhkan saya sebagai pekerja. Yap. Pekerjaannya menulis artikel untuk website yang sedang ia bangun.

Sedikit aneh; kenapa harus saya?

Mengenai dunia tulis menulis, saya akui tulisan saya sama sekali belum berkualitas. Sedikit sekali penghargaan yang sudah saya dapat dari menulis. Memang, tulisan saya sudah banyak dimuat di buku-buku, sih. Tapi, kan baru buku Sidu, Mas. HEHE.

Awalnya saya ragu. Tapi, dia menyakinkan. Bener-bener nih orang.

“Gak apa-apa. Dicoba dulu. Sehari bisa nulis berapa artikel?” kata dan tanyanya.

“Gak lebih dari 2,” balas saya.

“Oke. Gak apa-apa. Berapa saya harus bayar kamu dalam sebulan?”

Nah…bagian ini yang membingungkan sekaligus menjadi pertanyaan paling merdu di dengar kedua telinga.

“20 juta. Sanggup?”

“Wah…terlalu tinggi untuk awal-awal.”

“Yasudah. Sukro serenteng aja, Mas. Sama beng-beng dingin satu. Sambel pisah.”

Sebentar, apa sih yang dikerjakan penulis artikel atau content writer itu?

Bagi yang masih asing dengan jasa penulis artikel, saya jelasakan sedikit, ya. Kalau sudah tahu silakan dilewati saja. Yang dikerjakan penulis artikel itu tentu aja menulis. Menulis artikel dengan konten sesuai pesanan. Contoh konten yang biasa dipesan; copywriting (mengiklankan produk), event, kesenian, travelling, kuliner, sepak bola dan lain-lain.

Tema artikel sudah mereka tentukan. Jadi, tugas kita menulis sesuai artikel yang dipesan (diperhatikan juga gaya tulisan kita). Ada yang minimal 300 kata, 500 kata dan lainnya. Pekerjaannya bisa dari jauh. Cukup mudah kalau kita punya laptop dan koneksi internet. Jadi, bisa dikerjakan di manapun dan kapanpun. Seperti itu.

Berapa gaji jasa penulis artikel atau content writer?

Tiap gaji bervariasi. Tergantung pesanan artikel (300 kata atau 500 kata) dan berapa banyak artikel yang bisa kita kerjakan dalam sehari. Biasanya, kalau dihitung-hitung tiap satu artikel dengan panjang 300 kata diapresiasi dengan harga 5.000 – 10.000 rupiah. Sedang dengan panjang minimal 500 kata 9000 – 20.000. Bahkan ada yang sanggup membayar 50.000 sehari. Hitung saja perbulannya sesuai artikel yang bisa kamu kerjakan sehari. Jasa penulis artikel ini bisa jadi pekerjaan sampingan atau kalau sedang kepepet butuh uang. HEHE.

Tertarik? Di mana bisa menemukan lowongan jasa penulis artikel?

Lowongan penulis artikel memang gampang-gampang susah dicari. Apalagi, kalau kita tidak memiliki network atau relasi ke arah sana. Tetapi, kamu bisa browsing di google (cari tahu di website sribulancer(dot)com) atau jika ada yang berminat silakan tulis di kolom komentar e-mail kamu. Untuk apa? Kalau-kalau ada teman saya yang membutuhkan jasa penulis artikel. HEHE.

Thanks maksimal udah mampir dan baca, mba-mas. Jangan lupa minum air putih, ya.

11 comments:

  1. Dirimu g pengen jadi content writer? Lumayan lhooo..hehehw

    ReplyDelete
  2. pagi mas..
    artikelnya sedikit memotivasi untuk seseorang seperti saya yang sedang bingung untuk menentukan kemana arah perjalanan hidup selanjutnya....wihh.sedikit agak lebay gpp ya mas...hahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sore. Saya balasnya sore. Hehe.

      Makasih. Saya anggap itu pujian. Semoga perjalanan hidupmu asik dan membahagiakan. Aamiin.

      Salam kenal.

      Delete
  3. malam mas, artikelnya menarik. Kebetulan saya juga sering mengerjakan project content writer. Barangkali ada teman mas yang butuh jasa content writer saya siap nampung hehehe ini email saya gheahanifah@gmail.com

    Btw, salam kenal mas!

    ReplyDelete
  4. hai, mas!

    inspirasi banget tulisannya. jadi seorang penulis pernah jadi mimpi saya. lihat tulisan ini rasanya dibangkitkan kembali untuk mengejar kembali mimpi yang hampir punah itu.

    sejuta terima kasih untuk tulisannya.

    catatan: kolom komentar ini memanggil saya untuk meninggalkan jejak dan mencoret sedikit kalimat di dalamnya.

    salam kenal! :-)

    ReplyDelete

Terimakasih udah ngeluangin waktunya buat baca ini. Sebelum pergi, baiknya tinggalkan jejak. Jejak untuk dikenang. Dikenang keindahannya. Jadilah tak terlupakan. Silakan coret kalimat di kolom komentar. :)