Ingin Belajar Menulis Artikel? Ini Cara Sederhananya.

16:46 Unknown 3 Comments

foto by Google


Ada bagian di mana nggak semua bisa selesai dengan mengatakan atau mengucapkan. Kadang, ada waktu di mana segala perasaan hanya reda kalau sudah dituliskan. Kali ini kami bakal sharing mengenai dunia menulis dalam aspek lebih menyempit, yaitu menulis artikel.

Menulis artikel begitu penting kalau kamu memiliki sebuah website untuk berbagi informasi. Dengan menulis artikel juga, pikiran-pikiran yang menggumpal di otak bisa dipindah ke dalam tulisan.

Nah, bagi kamu yang masih asing dan kaku untuk menggerakkan tangan dalam menulis artikel, berikut ada sedikit cara sederhana menulis artikel bagi pemula;

1. Tentukan tema tulisan

Tema adalah ide pokok tulisan. Tema inilah asal muasal pembahasan apa yang ingin kita tuliskan. Dalam memilih tema, sebaiknya nggak perlu yang rumit. Maksudnya, tema yang ingin kita bahas adalah yang paling kita pahami.

2. Kumpulkan data dan fakta mengenai tema yang kita pilih

Setelah memilih satu tema yang ingin kita bahas, ada baiknya kita kumpulkan referensi-referensi mengenai tema itu untuk mendukung tulisan kita nantinya. Data dan fakta itu amat penting agar tulisan kita lebih bernutrisi, bisa dipercaya dan diterima dengan baik. Referensi bisa dicari dengan browsing di google, mengamati, atau bertanya langsung ke narasumber yang benar-benar tahu.

3. Menulis sekarang!

Saat kedua hal di atas sudah siap, yang mesti kita lakukan tentu saja menulis sekarang. Sekarang dalm definisi nggak perlu ditunda lagi.

Nah, pada bagian menulis ini, biasanya untuk penulis pemula bakal menjumpai hal-hal seperti agak kaku menggerakkan tangan, bingung kata-kata apa yang ingin dituliskan di awal atau sudah dipertengahan tapi mandek dan lain-lain.

Ada sedikit tips dan hal-hal yang mesti kita perhatikan ketika memulai menulis, ialah;
- Menulislah seperti kita berbicara. Maksudnya, gaya bahasa tulisan sama seperti kita berbicara. Selo atau santai dan nggak memikirkan kata-kata indah yang mengangkasa.

- Jangan mengedit selagi menulis. Maksudnya, saat menulis yang kita lakukan adalah menulis saja. Jangan menghapus tulisan yang sudah kita tulis sebelumnya dan menggantinya dengan kalimat yang lebih tepat. Menulis dan mengedit itu dilakukan pada waktu yang berbeda.

- Menulis dengan hati. Maksudnya, menulislah dengan rasa dalam diri agar yang membaca pun merasakan ada rasa dalam tulisan yang kita tulis.

- Mengakrabi dunia menulis. Wajar kalau baru sekali menulis kita merasa amat kaku. Tetapi, kalau kita membiasakan menulis, semuanya akan mudah dengan sendirinya. Karena menulis bukan bakat, menulis adalah latihan mengasah bakat.

Yap. Itulah cara sederhana menulis artikel bagi pemula yang bisa kami bagikan. Mudah-mudahan bisa membantu. Terima kasih sudah mampir dan baca. Selamat menulis!

Ohya. Menurut kamu bagian mana yang membuatmu sulit menulis artikel?

3 comments:

  1. Replies
    1. Bukan. Ini tutorial buat bajigur.

      Yadong, Ra. Ini termasuk artikel. Artikel cara menulis artikel. HEHE.

      Delete
  2. Cie cie cie.....ehem ehem

    ReplyDelete

Terimakasih udah ngeluangin waktunya buat baca ini. Sebelum pergi, baiknya tinggalkan jejak. Jejak untuk dikenang. Dikenang keindahannya. Jadilah tak terlupakan. Silakan coret kalimat di kolom komentar. :)